Spread the love

beritamenang.com  – Diskusi mengenai tarif masuk Candi Borobudur pun dimulai. Pakar pariwisata menggelengkan kepala.

Menteri Koordinator Penanaman Modal Maritim Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan kenaikan tarif masuk ke Candi Borobudur. Yang tadinya Rp 50.000, kini dinaikkan menjadi Rp 750.000. daftar slot gacor

Profesor Azriel, presiden Asosiasi Pendidik Pariwisata Indonesia, menanggapi hal ini.

“Kalau mau naikkan harga harus riset dulu,” ujarnya kepada detikTravel. Apa tujuan kenaikan ini?

Profesor Azriel menjelaskan bahwa Candi Borobudur merupakan bagian dari pemeliharaan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. Ada badan otoritas yang mengelola kawasan konservasi, candi dan situs bersejarah di bawah pengawasan Departemen Pendidikan.

Di sisi lain, membatasi 1.200 orang per hari juga dianggap kurang tepat. Menurut Profesor Azriel, kebijakan ini tidak jelas.

“Kalau mau dibatasi ya dibatasi saja. Kalau langsung pakai, yang masuk candi hanya 1.200 orang. Tidak perlu naikkan harga. Nanti dibatasi banget,” katanya. .

Sebagai pengamat kebijakan publik pariwisata, Profesor Azriel melihat peningkatan ini sebagai semacam intensitas pariwisata.

“Ini tidak akan menggairahkan pariwisata. Kalau masih Rp 50.000 tidak apa-apa. Tapi ini meningkat seribu kali lipat. Orang yang hanya datang sekali dua kali tidak mengulanginya,” katanya.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.