Spread the love

Beritamenang.com  – Presiden Jokowi mengunjungi Taman Refleksi Bungkarno. Hal itu dilakukan usai memimpin perayaan HUT Pancasila di Lapangan Pancasila Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pada Rabu (6 Januari 2022) Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, demikian informasi dari Kantor Pers Kantor Presiden. Jokowi masih mengenakan pakaian adat Ende. link slot gacor hari ini

Sukarno diketahui telah diusir dari Indy sejak 14 Januari 1934 hingga 18 Oktober 1938. Selama pengasingannya, Bon Carnot menghabiskan banyak waktunya untuk merenung di bawah lima pohon sukun di taman.

Situs tersebut menjadi tempat Bung Karno mencari inspirasi Pancasila dan diusulkan sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Di bawah pohon roti ini saya menjunjung tinggi Pancasila. Kata juru bicara Noncent W Noi saat menjelaskan kepada Jokowi.

Saat itu, Bung Karno berpesan, jika pohon roti suatu saat mati, harus ditanam kembali dengan pohon roti yang baru. Menurut sejarahnya, sukun pertama mati pada tahun 1972. Saat itu, pemerintah mencoba menanamnya, tetapi tidak tumbuh.

Apalagi pada masa kepemimpinan Bupati Ende tahun 1973-1983, Hermann Josef Gade Djo meminta teman-teman Bung Karno yang saat itu masih hidup untuk menanam kembali pohon roti itu. Transplantasi dilakukan pada 17 Agustus 1980, dan sukun terus berkembang hingga saat ini.

Bagi Hindia, Presiden, ini membuktikan bahwa Indy benar-benar rahim Pancasila,” katanya.

Dalam kunjungannya ke Taman Refleksi Bung Karno, Jokowi didampingi oleh MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Osman, Ketua Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Andika Perkasa, Gubernur Nusa Tenggara Timur Victor Laiskodat dan Bupati Indi Jafar Ahmed.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.