Spread the love

Beritamenang.com – Badan Kepegawaian Negara (BKN) merilis update terbaru jumlah calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang mengundurkan diri pada Mei 2022.

Pekan lalu, sebanyak 105 CPNS tercatat mengundurkan diri dari instansi pusat dan daerah.jam slot gacor 

Dalam update terbaru, BKN mengumumkan jumlah CPNS yang mengundurkan diri saat ini sebanyak 100 orang.

Satya Pratama, Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerjasama BKN, mengatakan Sabtu (28/5/2022). ) sore.

Jumlah CPNS yang lolos dikurangi menjadi 100 karena banyak lembaga yang berupaya menggantikan peserta yang keluar sebelum Nomor Induk Pegawai (NIP) ditetapkan.

Basis PemenPAN-RB 2021 No. 27

Satya mengatakan CPNS yang mengundurkan diri dapat digantikan oleh pendukung lain sebagaimana diatur dalam Peraturan 27 PAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) tahun 2021.

Pasal 53 mengatur bahwa pelamar yang mengundurkan diri setelah Pejabat Sumber Daya Manusia (PPK) menyatakan lulus akan membatalkan kelulusan.

PPK dapat mengusulkan penggantian Pemohon kepada Ketua Komisi Nasional untuk penggantian dengan melampirkan:

Menindaklanjuti usulan PPK, Presiden Panselnas mengusulkan dan mengirimkan kembali kepada PPK nama pemohon pengganti yang berpangkat lebih rendah dari pemohon batal yang membutuhkan jabatan yang sama.

Namun, jika tidak ada pelamar pengganti, maka akan diisi sesuai dengan prosedur pengisian permintaan yang tidak terpenuhi berdasarkan Pasal 48 (5) sampai (7).

Peraturan BKN 2018 No. 14

Selain itu, Peraturan BKN Nomor 14 Tahun 2018 memuat pengaturan tentang penggantian CPNS yang mengundurkan diri.

Jika peserta seleksi diterima dan mengundurkan diri setelah diterima, atau tidak menyerahkan dokumen dalam batas waktu yang ditentukan, atau dianggap mengundurkan diri karena meninggal dunia, dan diusulkan keputusan NIP, ia wajib melapor. Segera kepada kepala BKN/kepala kantor wilayah BKN dengan melampirkan surat pengunduran diri yang bersangkutan.

PPK menyeleksi nama-nama peserta terpilih dari rangking tertinggi berdasarkan hasil integrasi Seleksi Kompetensi Inti (SKD) dan Seleksi Keahlian Bidang untuk menggantikan yang terpilih mengundurkan diri atau mengundurkan diri menduduki peringkat kedua. (SKB) nilai ditempatkan pada lowongan untuk membentuk jabatan.

Selanjutnya diberitahukan secara tertulis kepada ketua Panitia Seleksi Rekrutmen Pegawai Negeri Sipil dalam jangka waktu paling lama 20 hari kerja, dan ditetapkan oleh Ordonansi PPK untuk diumumkan melalui situs web lembaga, surat kabar, dan pengumuman publik. papan dan/atau bentuk lain yang memungkinkan.

Lulus CPNS, sudah memiliki NIP dan didenda

Namun, setelah keputusan pengangkatan CPNS dikukuhkan, CPNS akan dikenakan denda jika peserta terpilih yang telah berhasil dan dikukuhkan oleh NIP mengundurkan diri atau dianggap mengundurkan diri.

Satya berkata, “Saya mengundurkan diri, tetapi CPNS yang diberikan NIP tidak dapat digantikan oleh CPNS yang lebih rendah dari mereka.”

“(CPNS) akan didenda,” tambahnya.

Selain itu, komposisi CPNS yang lowong akan tetap kosong hingga tahun depan masuk.

Jumlah denda yang dikenakan pada Partai Komunis Nepal yang mengundurkan diri

Adapun sanksi dan denda yang harus diterima CPNS saat memilih NIP antara lain pengunduran diri dan denda karena kelalaian, dimulai dengan larangan mengikuti seleksi CPNS tahun depan.

Besaran denda tersebut berbeda-beda di setiap lembaga di tingkat pusat dan daerah.

Misalnya, denda pengunduran diri CPNS dari Kementerian Luar Negeri sebesar Rp 50 juta.

Sementara itu, jika pemohon dari Kementerian PPN/Bappenas mengundurkan diri, ia harus membayar denda sebesar Rp 35 juta.

Selain itu, pelamar Interlijen Negara (BIN) yang mengundurkan diri harus membayar denda sebesar Rp25 juta hingga Rp100 juta, berdasarkan pengalamannya selama masa seleksi CPNS BIN.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.