Spread the love

JAKARTA, – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, Indonesia memiliki kearifan lokal di bidang penanggulangan bencana alam yang sangat kaya. situs link slot gacor

Hal itu ia ungkapkan dalam forum Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 pada hari ini, Rabu (25/5/2022).

Ia pun mencontohkan, Bali memiliki filosofi Tri Hita Karana yang berarti keseimbangan hubungan antara manusia, Tuhan, dan alam.

“Indonesia juga memiliki kearifan lokal di bidang penanggulangan bencana yang sangat kaya, salah satu contohnya adalah Bali, tuan rumang GPDRR yang memiliki filosofi Tri Hita Karana atau keseimbangan kuseimbangan hubungan kuseimbangan hubungan.

Mohajer, yang juga mengetuai Komite Nasional ke-7 Kemitraan Global untuk Pengurangan Bencana Alam pada 2022, mengatakan Indonesia telah mengadopsi pendekatan Pentalex berbasis komunitas yang dikenal sebagai penghilang rasa sakit untuk mencapai ketahanan dalam manajemen bencana.

Pendekatan lima tahun melibatkan keterlibatan pemerintah, masyarakat, bisnis, akademisi dan media.

“Di tingkat masyarakat, kerjasama ini dilaksanakan melalui program-program seperti Tim Siaga Bencana dan Desa Pemulihan Bencana,” kata Mohajer.

Sebagai bentuk keberlanjutan setelah menjadi tuan rumah GPDRR ke-7, Koordinasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan melalui Gerakan Revolusi Rohani Nasional (GNRM) mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta membina gaya hidup ramah lingkungan.

Selama tahun 2022 hingga 2023, akan dilaksanakan aksi penanaman 10 juta pohon di 34 provinsi berkolaborasi dengan lintas kementerian/lembaga, pemerintah daerah, pemerintah daerah, pelajar, akamahasiswa

Ia pun mengatakan, bagi Indonesia, forum GPDRR ini memiliki arti penting dalam proses pemulihan sosial-ekonomi serta membantu meningkatkan kewaspadaan publik mengenai pengurangan risiko bencana.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.