Spread the love

beritamenang.com  – Rahasimamonjy Lovanavalona Allison Candy lulus sebagai Sarjana Terbaik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Wisuda Sarjana ke-124 di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dikutip dari laman kampus, Senin (6/6/2022), perempuan beragama Kristen ini lulus dengan IPK 3,65 atau berpredikat Cum Laude dari UIN Jakarta yang notabene merupakan salah satu Perguruan Tinggi Keagaamaan Islam Negeri (PTKIN). situs slot gacor hari ini

Candy menempuh studi di prodi Hubungan Internasional FISIP UIN Jakarta. Candy menuturkan, ia salah satunya belajar bahasa Arab dan Islam dalam perkuliah di UIN Jakarta.

Candy mengatakan, bahasa Arab masih asing baginya karena di negara asalnya, Madagaskar, penduduknya menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa nasional. Kendati tidak menguasai sepenuhnya, sambung Candy, ia tetap berusaha belajar bahasa Arab seperti mahasiswa lainnya.

Perempuan kelahiran Betafo, 5 Mei 1998 ini berasal dari Madagaskar, Afrika. Ia kuliah di UIN Jakarta lewat jalur seleksi Ujian Mandiri. Perkuliahan Candy dibiayai Program Darmasiswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Sebagai informasi, Darmasiswa adalah program beasiswa bagi siswa asing asal negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia untuk belajar bahasa Indonesia, seni, dan budaya di 54 universitas di Indonesia.

Menurut Candy, kendati mayoritas mahasiswa di kampusnya merupakan muslim, ia tidak merasa terasing dan bisa nyaman bergaul di lingkungan belajar. Sehari-hari, sambungnya, Candy juga belajar bahasa Indonesia dari teman-teman kuliahnya sendiri.

Sementara itu sebagai mahasiswa asing, ia belajar bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar perkuliahan dari kursus Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Jakarta. Dari kursus dan latihan bersama teman, Candy terbiasa berbahasa Indonesia hingga fasih.

Untuk memperoleh gelar sarjananya, ia menyelesaikan skripsi dengan bahasa Inggris yang berjudul Indonesia Soft Power Diplomacy Toward Madagascar via Education and Cultural Exchange: Darmasiswa Scholarship Period 2016-2019.

“Ya, doa saya semoga UIN Jakarta terus maju dan berkembang agar menjadi perguruan tinggi terkenal,” pungkas wisudawan terbaik ini.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.