Spread the love

Beritamenang.com  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Rumah Tenun Indie usai menggelar pesta peringatan hari lahir Pancasila. Kedatangan Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo disambut dengan tarian Woge untuk menyambut kemenangan dalam perang.

Dalam keterangan yang dikeluarkan Kantor Presiden Republik pada Rabu (6 Januari 2022), para penari membawa tombak dan arit untuk melambangkan kemenangan dalam perang. Penari juga mengiringi musik Ngo Ramba, biasanya dibawakan untuk menyambut tamu dan acara adat. slot gacor malam ini

Selain tarian Woge, Jokowi dan Iriana juga disambut dengan sapaan tradisional dari budayawan, Albertus Bisa. Jokowi diberi pakaian adat berupa Rembi, tas tradisional yang digunakan oleh kepala adat Mosalakina untuk menyimpan barang-barang tradisional.

Kali ini, Jokowi diberi gelar adat Mosalaki Ulu Beu Eko Bewa, yang berarti pemimpin seluruh Indonesia, dari mana saja hingga Merauke. Usai menerima gelar umum, Jokowi dan Iriana menyaksikan bupati Ende berputar empat kali di sekitar Tubu Kanga, sebuah makam tradisional yang melambangkan penyatuan dengan alam berupa tanah, air, api, dan angin.

Jokowi dan Irianna juga menyempatkan diri untuk melihat dan menyapa para penenun. Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat NTT, khususnya Hindia Belanda, atas sambutan hangatnya selama kunjungan ini.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.