Spread the love

beritamenang.com  – Usaha kecil dan menengah (UMKM) memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian dan penyerapan tenaga kerja di Wilayah Metropolitan Khusus (DKI) Jakarta.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta, setidaknya ada 1,1 juta usaha kecil dan menengah (UKM) di wilayah DKI Jakarta. Jumlah ini setara dengan 98,78% dari total jumlah perusahaan di DKI Jakarta. UKM merupakan sumber suplai bagi kebutuhan warga DKI Jakarta.

Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta terus mendukung para pelaku UMKM di ibu kota untuk terus berkembang dan bersaing, terutama di era digitalisasi dan akselerasi teknologi saat ini. mikro, usaha kecil. link slot gacor

UMKM lokal salah satu perusahaan tersebut, DKI Jakarta, terdeteksi oleh salah satu UMKM lokal, Sancraft, dengan bantuan salah satu UMKM lokal, Dekranasda DKI Jakarta, yang mengungkap keunikan Indonesia melalui ilustrasi.

Sanjong Sari Pursi, pemilik Sancraft, mengatakan memulai bisnisnya setelah mendapat tanggapan positif dari rekan-rekannya ketika ia membuat tas jinjing dengan ilustrasi buatan sendiri yang terinspirasi oleh karya seniman dari Jalan Malioboro, Yogyakarta.

Kini banyak ikon khas Jakarta seperti ondel-ondel, bajaj dan dari bus kota hingga tari jaipong menjadi ilustrasi produk Sancraft.

Sangsan mengatakan, “Seiring berjalannya bisnis, kami terus berinovasi, salah satunya dengan menghasilkan produk jenis baru seperti gantungan kunci dan laptop.”

UMKM lokal lain yang telah memperoleh manfaat dari bergabungnya pasar dengan bantuan Dekranasda DKI Jakarta untuk memulai dan membangun bisnis adalah Dakara Indonesia.

Ayo Purnama, pemilik Dakara Indonesia, mengatakan, “Dengan Dakara, kami membuat tekstil kami lebih modern dan dapat diakses oleh semua kalangan, termasuk anak muda.”

Saya juga mengajak ibu-ibu apartemen untuk membuat masker, tas pinggang, ikat pinggang dan lainnya. Sementara itu, kami bekerja sama dengan penjahit rumahan bersama Takara untuk memproduksi pakaian luar, blus, celana panjang, dan jaket untuk membantu menopang perekonomian rumah tangga.”

Dukungan Pemerintah dan Kerjasama Pasar

Selain kerja keras dan kerja kerasnya, para pelaku UMKM seperti Sancraft dan Dakara Indonesia juga diuntungkan dengan peningkatan penjualan berkat kerjasama yang dilakukan oleh Dekranasda DKI Jakarta dan Tokopedia.

Fery Farhati, Presiden Direktur Dekranasda DKI Jakarta, mengatakan: “Kami sangat mengapresiasi upaya Tokopedia untuk mendukung UMKM DKI Jakarta. UMKM dalam negeri perlu beradaptasi dan berinovasi melalui platform teknologi seiring berkembang di era digital. Kami mendukung bisnis kami Kami mengundang lebih banyak orang untuk melakukannya.” Usaha Mikro Kecil dan Menengah DKI Jakarta salah satunya membeli usaha.

Termasuk momen menyambut HUT DKI Jakarta ke 495 pada 22 Juni 2022, Tokopedia meraih beberapa kategori bestseller untuk kuartal II 2022 di ibu kota.

Kategori ini termasuk makanan dan minuman, kesehatan, barang-barang rumah tangga, elektronik dan mobil. Sementara itu, Fangxi, Betawi Blancon, dan Pakaian Adat Betawi paling populer di antara produk Betawi.

Tren belanja yang berkembang ini juga didorong oleh inisiatif Hyperlocal Tokopedia untuk memberikan kesempatan yang sama bagi UMKM di seluruh Indonesia, termasuk DKI Jakarta, untuk tumbuh bersama pembeli lokal. Salah satu ungkapan tersebut adalah kampanye “Bangga Buat Indonesia”.

“Tokopedia juga terus menyediakan platform bagi UKM DKI Jakarta. Misalnya dengan meluncurkan toko JakArtisan bersama Dekranasda DKI Jakarta, UKM dan UKM digital kelas atas dapat membeli produk UKM DKI pada Friday Buy Local yang tayang setiap hari Jumat di Tokopedia. Saya dilatih untuk pameran online, Play,” jelas Astri Wahyuni, Director of Public Policy and Government Relations Tokopedia.

Menurut data Tokopedia, selama triwulan II tahun 2022 kota administrasi dengan peningkatan jumlah penjual terbanyak adalah kota administrasi Jakarta Selatan, dan kota administrasi dengan peningkatan penjualan tertinggi adalah kota administrasi Jakarta Timur. Jumlah pembeli dan transaksi pada Q2 2022.

Selain itu, antusiasme masyarakat DKI Jakarta terhadap dukungan produk UMKM sangat tinggi. Seperti yang Anda lihat, jumlah penayangan acara Friday Buy Local di Tokopedia Play meningkat signifikan pada kuartal kedua tahun 2022 dibandingkan saat pertama kali ditayangkan pada tahun 2021.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.