Spread the love

beritamenang.com  – Rencana menaikkan harga tiket ke Borobudur sempat membuat heboh karena dinilai terlalu mahal. Di beberapa negara, tiket masuk ke Situs Warisan Dunia sangat berbeda. Ada yang mahal dan ada yang murah. slot gacor terbaru

Menteri Koordinator Penanaman Modal Maritim Luhut Binsar Pandjetan mengatakan pemerintah berencana menaikkan tarif masuk ke Borobudur dari Rp50.000 menjadi Rp750.000. Wisatawan dikenakan biaya Rp 750.000 untuk naik ke area pura, dan harga tiketnya Rp 50.000 jika hanya di halaman. Kabar tersebut langsung disambut pro dan kontra di masyarakat. Banyak orang menganggap harga ini terlalu tinggi.

Tiket seharga Rp 750.000 ini berlaku untuk wisatawan lokal yang ingin masuk dan mengunjungi Candi Borobudur. Harga tiket masuk untuk turis asing yang juga dikenal sebagai turis asing dinaikkan, dan harga tiket untuk turis asing juga dinaikkan menjadi $100 per orang. Rencana tersebut diungkapkan Luhut melalui akun Instagram @luhut.pandjaitan (5/6).

Candi Borobudur bukan satu-satunya Situs Warisan Dunia yang bernilai sejarah. Beberapa negara juga memiliki Situs Warisan Dunia yang kemudian dipugar oleh pemerintah dan dijadikan sebagai destinasi wisata.

Biaya masuk yang berbeda berlaku untuk pengunjung yang berbeda. Sebagai contoh, Taj Mahal di India telah mematok harga tiket sebesar 9.000 rupee untuk turis domestik dan 204.000 rupee untuk turis asing. Atau, ada tiket ke Tembok Besar, yang harganya antara Rs 54.300 dan Rs 1,7 juta.

Tembok Besar China dianggap sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Tembok kota membentang sepanjang 21.196 km di Distrik Huairou, Cina. Siapa pun dapat mengunjungi Tembok Besar, dan bahkan ada beberapa acara besar yang diadakan di sini.

Menurut laporan travelchinaguide.com, tiket masuk ke situs Warisan Dunia ini berkisar antara CNY 25 hingga CNY 65 atau CNY 54.300 hingga INR 141.200 per orang. Namun, ada waktu-waktu tertentu yang membuat harga tiket menjadi sangat mahal. Paket wisata lengkap juga tersedia dengan harga antara Rp 300.000 hingga Rp 1,7 juta.

Kunjungan ke Italia tidak lengkap tanpa kunjungan ke Colosseum. Bangunan peninggalan bersejarah ini merupakan arena gladiator yang dibangun oleh Vespasianus. Saat itu, Colosseum digunakan sebagai gedung konser yang mampu menampung hingga 50.000 orang.

Beberapa paket wisata tersedia di Colosseum. Menurut laporan di laman colosseum.org, tiket masuk untuk dewasa adalah 16 euro atau Rp 247.000, dan tiket anak sebesar 6 euro atau Rp 92.000 per tiket. Tiket wisata berharga mulai dari 40 euro hingga 161 euro (619.000-2,4 juta rupee).

Taj Mahal memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan ke India. Terletak di Agra, India, bangunan ini juga memiliki sejarah yang menarik karena dibangun oleh Kaisar Mughal Shah Jahan untuk istrinya.

Dibangun pada tahun 1632, Taj Mahal sekarang menjadi objek wisata. Untuk menikmati wisata Taj Mahal, wisatawan harus membayar tiket masuk sebesar 1.100 rupee (sekitar 204.000 rupee untuk orang asing) dan 50 rupee (sekitar 9.000 rupee) untuk penduduk lokal.

Wat Arun adalah kuil Buddha dan paling terkenal di Bangkok, Thailand. Nama asli Wat Arun adalah Wat Arun Ratchawararam Rachawaramahabara. Bangunan ini merupakan kuil tertua di Thailand, dibangun pada masa Kerajaan Ayutthaya.

Menurut situs Tourismthailand.org, tiket ke Wat Arun berharga 50 baht atau sekitar Rp 21.050. Ada rencana menaikkan harga tiket menjadi 100 baht atau sekitar Rp 44.000 per orang.

Piramida Agung Giza adalah yang tertua dan terbesar dari tiga piramida di Pemakaman Giza. Dikatakan bahwa piramida dibangun sebagai makam dinasti ke-4, Khufu, seorang firaun Mesir. Butuh waktu lebih dari 20 tahun untuk membangun piramida ini sekitar tahun 2560 SM.

Menurut egypttailormade.net, biaya masuk ke piramida adalah 400 pound Mesir, atau Rp 309.200 per orang. Dengan tiket ini, Anda dapat menjelajahi Piramida Agung Giza dan piramida kecil yang mengelilinginya dengan sejarah Mesir.

Detikers, itulah biaya masuk ke banyak situs Warisan Dunia. Harga tiket untuk masing-masing situs Warisan Dunia ini berbeda-beda. Semuanya diatur oleh pemerintah daerah.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.