Spread the love

Beritamenang.com – Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terpantau masih mengalami beberapa kali letusan dan guguran pada Sabtu (28/5/2022).

Petugas Pos Gunung Api (PPGA) Semeru di Gunung Sawur menyebutkan, pengamatan pada Sabtu pukul 00.00-06.00 WIB tercatat lima kali letusan dengan amplitudo 10-15 milimeter dan lama gempa 55-65 detik. situs slot gacor 2022

Gunung Semeru juga mengalami satu kali gempa tektonik jauh dengan amplitudo 26 milimeter.

Sedangkan pengamatan secara visual gunung api terlihat jelas, kawah tidak teramati, cuaca cerah dan angin lemah mengarah ke selatan.

Sementara aktivitas Gunung Semeru pada Jumat (27/5) periode 00.00-24.00 WIB tercatat 23 kali letusan dengan amplitudo 10-22 milimeter.

Kemudian 11 kali gempa guguran dengan amplitudo 105 milimeter, 27 kali gempa embusan dengan amplitudo 2-8 milimeter, satu kali gempa tektonik lokal, dan empat kali gempa tektonik jauh.

Secara visual Gunung Semeru terlihat jelas hingga tertutup kabut, kemudian diamati secepatnya kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga tinggi sekitar 100 meter dari puncak, katanya.

Masyarakat tidak boleh melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena kemungkinan terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 kilometer dari puncak.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru.

Khususnya sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.