Spread the love

Beritamenang.com – Mulai dari biaya hidup yang relatif rendah hingga universitas ternama, banyak alasan calon mahasiswa memutuskan untuk kuliah di Yogyakarta atau solo.

Jika Anda memilih untuk belajar di luar kota, terutama di Solo atau Yogyakarta, Anda harus mempertimbangkan biaya hidup bulanan Anda.

Pasalnya, biaya hidup sekaligus biaya kuliah sama pentingnya bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan studi ke luar kota, ke luar negeri atau jauh dari rumah. link slot gacor 2022

Meski wabah belum berakhir, kuliah tatap muka telah berkembang secara bertahap. Untuk itu, calon mahasiswa sebaiknya mempertimbangkan kisaran biaya hidup di kota tempat kampus pilihan mereka berada.

Biaya hidup bervariasi tergantung gaya hidup, namun kisaran biaya hidup bagi mahasiswa yang belajar di luar negeri di Yogyakarta dan solo adalah sebagai berikut.

Yogyakarta

Adakah di Indonesia yang tahu kota pelajar ini? Biaya hidup yang sangat rendah membuat Yogyakarta menjadi kota impian para pelajar.

Akomodasi di kota ini berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 2 juta per bulan, tergantung fasilitasnya. Sedangkan harga sewanya sekitar Rp 7,5 juta per tahun.

Semangkuk nasi seharga 10.000 rupiah sudah cukup untuk mengenyangkan perut. Menu sederhana akan dikenakan biaya sekitar 30.000 rupee per hari.

Dengan budget terbatas, mahasiswa Yogyakarta bisa hidup dengan Rp 1,5 juta per bulan. Namun, biaya hidup dapat bervariasi tergantung pada pilihan siswa dan kondisi ekonomi selama belajar di sana.

Ingin menjadi mahasiswa di universitas negeri termurah di Indonesia? Yogyakarta memiliki Universitas Gadja Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, ISI Yogyakarta dan UBN Yogyakarta Veteran.

Jangan lupa masih ada kampus swasta seperti Universitas Sanata Dharma, Universitas Islam Indonesia atau Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Lajang

Tidak jauh dari Yogyakarta, Solo menawarkan biaya hidup yang terjangkau sambil menuntut ilmu. Akomodasi, makan dan transportasi di Solo tidak jauh dari biaya yang harus dibayar mahasiswa di Yogyakarta.

Meringkas website Universitas Sebelas Maret (UNS), biaya hidup yang dibutuhkan selama kuliah di UNS sangat terjangkau.

Biaya hidup untuk siswa biasanya antara Rs 600.000 dan Rs 700.000 per bulan.

Ini adalah tempat di mana Anda bisa makan makanan lezat seperti soto hanya dengan 5.000 rupee.

Biaya asrama atau tempat tinggal sementara sangat bervariasi dan biaya asrama mulai dari 150.000 rupee per bulan dan akomodasi mulai dari 1,5 juta rupee per tahun dengan berbagai fasilitas pendukung.

Selisih harga ini disesuaikan dengan fasilitas kost yang tersedia seperti kamar mandi pribadi, AC dan Wi-Fi.

Lokasi UNS yang tidak jauh dari pusat pemerintahan Surakarta (Solo), memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mengakses pusat-pusat pelayanan seperti imigrasi dan rumah sakit.

Selain UNS, pilihan kampus lainnya antara lain ISI Surakarta dan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.